Tips mempercepat koneksi internet di Android

Pada tahun 2000, ketergantungan akan internet bisa dibilang sesuatu yang hakiki, terutama buat anak muda. Internet sudah jadi kebutuhan yang tidak bisa dipisah di zaman sekarang. 
Di Era Smartphone dan peningkatan jaringan internet, Quota pengguna internet di smartphone ikutan bertambah, dari hitungan ratusan MegaBit (MB) hingga GigaBit (GB). Tidak heran juga banyak operator yang menawarkan promo pulsa kuota ketimbangan pulsa reguler untuk SMS atau telpon. 
Masalah tidak habis sampai di situ, meski Quota sudah banyak dan ikutan paket data 24 jam internet bisa jadi masalah kalo mendadak lemot dan juga boros

Tetapi anda jangan langsung menyalahkan operator dulu, bisa jadi permasalahannya ada di anda. Lewat postingan ini kami akan sedikit memberikan tips sederhana untuk  pengguna android agar internet anda bisa lebih cepat, kencang dan tidak boros.  

Ada beberapa cara agar internet anda bisa lebih cepat, kencang dan tidak boros diantaranya : 

Silahkan Baca juga Operasi Sistem dan sejarah Android

  1. Download Boosting Apps, disadari atau tidak, saat anda buka satu aplikasi maka aplikasi itu bakal simpan banyak cache. Semakin lama anda biarkan, maka makin banyak cache numpuk dan bikin internet kamu jadi lemot. Sebagian Android memang sudah banyak menyediakan aplikasi boosting. Anda bisa install aplikasi boosting kayak Clean Master, DU Speed Booster, atau App Cache Cleaner. Namun aplikasi-aplikasi tersebut banyak menampilkan iklan yang tidak kita kehendaki, jadi jika anda ingin memasang aplikasi-aplikasi tersebut kami sarankan yang berbayar.
  2. Menghapus aplikasi dan widget yang tidak terpakai, kalau aplikasi boots tidak begitu berpengaruh, bisa jadi Android anda menyimpan data pada aplikasi atau widget yang kurang berfaedah atau tidak pernah anda pakai sama sekali. Seperti halnya Instagram, Facebook, atau pun Aplikasi Ojek Online, saat pertama kali diinstall hingga digunakan, besar kapasitasnya bisa sampai dua-tiga kali lipat lebih besar. Daripada membuat boros, hapus beberapa aplikasi tersebut kalau memang jarang kamu pakai. Jika memang tidak mau menghapus, ikutin poin di bawah.
  3. Download dan Install Ad Blocker, kehadiran iklan (apapun jenisnya) memang terkadang mengganggu ketika anda browsing. Selain bisa menyedot Quota hingga 80 persen, kehadiran iklan bisa mempengaruhi lemotnya satu halaman web karena memuat banyak data. Oleh sebab itu, pakai  Ad Blocker di browser bawaan kayak Opera, Brave, atau UC Browser. Kalau Android anda tidak mempunyai browser tersebut coba pasang aplikasi Ad Blocker dari Play Store..
  4. Download dan Install VPN, selain sebagai cara membuka situs yang diblokir, VPN juga berguna meringankan koneksi internet kamu, terutama saat browsing website luar. Dengan terhubungan ke IP negara lain (yang tepat) bisa membuat kecepatan internet kamu bertambah.
  5. Mengganti Jaringan, Androidnya anda masih lemot. Sesekali anda periksa jaringan internet anda, sebagian Android terbaru emang udah mengatur jaringan tercepat secara otomatis, tapi kalau belum coba aja kamu cek settingannya, apakah masih 3G atau sudah 4G. Atau mungkin Android anda belum support 4G. Cara mengatur dan mengganti jaringan anda bisa browsing di google atau di blog ini.  
Jika Android anda sudah di-root, anda bisa maksimalkan koneksi internet kamu dengan menginstall aplikasi 3G/4G Speed Optimizer. Aplikasi ini mempunyai fungsi tweak khusus sehingga anda bisa memilih kecepatan internet sesuai kebutuhan. 

Selama mencoba, semoga berhasil. Sumber : http://www.genmuda.com/5-tips-simpel-supaya-koneksi-internet-di-android-kamu-makin-cepat/

No comments:

Post a Comment